Meningkatkan Konsentrasi Dan Daya ingat

10:04 AM
Cara Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat-Hubungan konsentrasi dengan daya ingat, Jika kita dalam keadaan konsentrasi (pemusatan pikiran) atau bisa juga disebut fokus..dalam mengerjakan/mengamati hal2 apapun (misal dalam belajar dikelas) kita pasti akan mudah mengingatnya.
Berkurangnya konsentrasi juga akan mengakibatkan lemahnya daya ingat kita terhadap sesuatu. Apa sih yang membuat kita kurang berkonsentrasi??
Nah, 

inilah yang menyebabkan berkurangnya konsentrasi : Simak yah


- Kurang Tidur, ini sejenis sama begadang dan umumnya karena Insomnia. Karena kurangnya istirahat inilah yang menyebabkan seseorang gampang lupa. Minimal manusia harus tidur selama 6 jam.
-Depresi, udah gak aneh lagi kan sama sebutan depresi ini. Penyebab depresi biasanya karena beban pikiran yang cukup berat, apalagi ditambah sipenderita malah pesimistis. Jadi, HINDARILAH depresi, karena depresi membuat daya ingat seseorang melemah.
-Alkohol dan obat-obatan. Kedua racun ini memang menyerang syaraf2 pada bagian otak yang menyebabkan turunnya daya ingat.
-Penyakit Tertentu, penyakit yang sangat mempengaruhi penurunan daya ingat diantaranya : Diabetes, Alzheimer, dll.
Sebenarnya selain hal2 diatas, masih banyak juga faktor yang dapat menyebabkan melemahnya konsentrasi. Ini saran mimin buat para pelajar/mahasiswa, usahakan " Menyempatkan Diri Anda Untuk Sarapan, Sebelum melakukan Aktifitas " Kenapa?? Disaat perut kita masih kosong disaat kita beraktifitas, Disaat itu juga Otak kita susah berkonsentrasi.
Langsung aja yah.. hehehe


Cara Meningkatkan Daya Ingat

1. Latih Kemampuan Mengamati. Luangkan waktu untuk bersantai dengan mengamati alam sekitar. Semua yang tertangkap mata, rekam dalam pikiran Anda. Lakukan observasi dari yang sederhana sampai yang rumit. Bisa juga dengan mengingat suatu kejadian/keadaan. Latihan mengamati dan mengingat..
2. Asah Panca Indera. Mencicipi dan menilai rasa makanan ternyata melatih kecerdasan otak. Saat merasakan makanan yang Anda pilih, tentu Anda menilai rasa masakan itu. Menyadari bau, aroma, bunyi-bunyian, juga merasakan cuaca itu melatih kecerdasan otak.
3. Pelajari sesuatu yang baru. Apakah Anda menyukai sesuatu yang baru??..kegiatan ini sangat membantu kemampuan otak.
4. Gunakan Tangan supaya mengikuti Otak. Visualisasikan (Gambarkan) apa yang ada dalam otak Anda. Ini bisa berupa menulis, melukis, membuat kaligrafi, melatih kemampuan mengetik, dll.
5. Tekuni Hobi. Agar ada keseimbangan antara rileks dan kerja.. refreshinglah istilahnya..
6. Pelajari dan hafalkan tanggal2 penting. Kaya Ultah keluarga, Ultah Pacar/teman, ini nih yang gak usah dihafalin juga tapi pada hafal "Hari Libur Panjang" heheheh ngaku2..
7. Hafalkan sesuatu yang Anda sukai. Seperti Lagu, puisi, dll.
8. Latihan menghafal Angka yang berderet panjang. Misalnya 725189152890171567122, ini membantu latihan memperbaiki daya ingat pendek / Telat Mikir (Telmi) hihihi..mimin kadang2 nih..
9. Ingat Aktifitas Diri Sendiri. Misal, sejam yang lalu Anda sedang melakukan apa, sampai pada malam hari. Contoh, kemarin jam 15.00 anda sedang apa, dimana, dan dengan siapa??
Kaya judul lagu yah..
10. Ingat dan teliti pengeluaran harian. Luangkan waktu untuk mengecek pengeluaran harian atau mingguan anda?.
Latihan2 ini akan memungkinkan sel otak tetap aktif dan jaringan penghubung antar sel otak semakin rapat. Kegiatan mental yang menantang meningkatkan jumlah sirkuit aktif atau sinapsis dalam otak. Semakin banyak sirkuit, semakin banyak asosiasi, maka makin besar pula kemampuan mengingat.
Semoga bermanfaat..
Src: Berbagaisumber

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔